Monday, February 12, 2007

PSA : Friends Forever

Your Friend is a Smoker? (PSA)
Versi : Nongkrong Bareng
Storyline and Visual
Sekumpulan anak muda yang sedang asik nongkrong diwarung, dua orang saling duduk berhadap-hadapan sambil bermain catur, beberapa temannya sibuk merokok dan memperhatikan mereka yang sedang bermain, asap dari rokok yang mereka hisap hampir menerupai kabut karena saking banyaknya. Namun kedua pemain catur dan teman-temannya tidak ada yang merasa risih dengan keadaan tersebut dan dari ekspresi wajah yang ditampilkan menyiratkan mereka tetap have fun dan enjoy karena suasana keakraban dan pertemanan yang ada.

Versi : X-Ray
Storyline and Visual
Sepasang anak muda yang sedang melakukan pemeriksaan x-ray (rontgen). Dari ekspresi yang ditampakkan dapat disimpulkan mereka sudah bersahabat untuk waktu yang cukup lama. Tangan kanan si A merangkul pundak si B, begitu juga tangan kiri b yang merangkul pundak si A. Namun ditangan kiri si A terlihat Ia sedang memegang rokok, sedangkan dari tangan kanan si B terlihat sedang memegang segelas susu. Dan dari hasil foto X-ray, menunjukkan bahwa keadaan paru-paru dari sepasang sahabat ini sama-sama dalam keadaan rusak (sakit), terdapat banyak flek dan lubang-lubang kecil pada keduanya.


Basic Idea
Ide dari kedua iklan layanan masyarakat di atas hubungan persahabatan yang kerap menerapkan susah senang yang penting selalu sama-sama. Ini merupakan persahabatan antara perokok pasif yang selalu memaklumi temannya si perokok aktif yang kerap merokok di dekatnya. Alhasil karena terlalu sering menghirup asap rokok, si perokok pasif juga terkena dampak yang sama seperti sahabatnya.
Terkadang kita tidak begitu menyadari apa efek ataupun dampak dari asap rokok yang dihasilkan tersebut turut membahayakan kesehatan orang-orang di sekitar kita. Perokok pasif mempunyai resiko yang sama tingginya dengan si perokok aktif.
Untuk headlinya sendiri, terus terang masih ada dua konsep yang jadi pilihan, “Asiknya Rame-Rame”(Sampoerna Hijau) atau “Enjoy Aja..”(L.A Light), jadi vanue layoutnya hampir mirip dengan iklan-iklan dari kedua produk rokok tersebut. Perbedaan akan dilakukan pada bagian peraturan pemerintah yang biasanya kerap menampilkan kata-kata,”Merokok dapat menyebabkan kanker, impotensi,...” namun pada kedua iklan ini akan lebih diterangkan seberapa besar dampak yang didapat dari perokok pasif. Hal ini ditujukan untuk mengingatkan bahwa rokok ternyata cukup memberi dampak negatif bagi orang-orang disekitarnya selain rasa ketidaknyamanan dan juga gangguan pernapasan yang ditimbulkan dari asap rokok itu.

Visual : to be conclude...

No comments: